SEJARAH
1.
Kapan
dan dimana Jepang pertama kali mendarat di Indonesia
a.
9
Januari 1942 di Pontianak
b.
10
Januari 1941 di Balikpapan
c.
11
Februari 1942 di Sumatera
d.
12
Januari 1942 di Tarakan
Jawaban : d
2.
Berikut
ini merupakan isi dari “Garakan 3A”, kecuali
a.
Jepang
Pelindung Asia
b.
Jepang
Penyelamat Asia
c.
Jepang
Cahaya Asia
d.
Jepang
Pemimpin Asia
Jawaban : b
3.
Di
bawah ini yang merupakan empat serangkai pemimpin PUTERA adalah
a.
Soekarno,
Hatta, Ki Hajar Dewantara, Haji Mansur
b.
Soekarno,
Hatta, Ki Hajar Dewantara, Douwes Dekker
c.
Soekarno,
Hatta, Radjiman Widyodiningrat, Haji Mansur
d.
Soekarno,
Hatta, Haji Mansur, Douwes Dekker
Jawaban : a
4.
Organisasi
bentukan Jepang yang anggotanya terdiri dari wanita adalah
a.
Syuisintai
b.
Seinendan
c.
Fujinkai
d.
Jibakutai
Jawaban : c
5.
PPKI
dibentuk pada tanggal
a.
6
Agustus 1945
b.
7
Agustus 1945
c.
8
Agustus 1945
d.
9
Agustus 1945
Jawaban : b
GEOGRAFI
1.
Pada
daerah pertemuan dua lempeng tektonik terjadi beberapa kejadian seperti
berikut, kecuali
a.
Aktivitas
vulkanisme
b.
Lempeng
yang satu menunjam di bawah lempeng yang lain
c.
Penghancuran
lempeng karena gesekan dan suhu tinggi
d.
Tanahnya
subur dan stabil
Jawaban : d
2.
Tempat
pertemuan dua lempeng atau lebih dan salah satunya tenggelam di bawah lempeng
yang lain disebut batas
a.
Divergen
b.
Konvergen
c.
Patahan
d.
Lipatan
Jawaban : b
3.
Berikut
ini yang tidak termasuk akibat adanya subduksi adalah terbentuknya
a.
Punggung
laut
b.
Palung
laut
c.
Pegunungan
d.
Gunung
Jawaban : d
4.
Di
permukaan bumi terdapat
a.
4
lempeng utama
b.
5
lempeng utama
c.
6
lempeng utama
d.
7
lempeng utama
Jawaban : c
5.
Berikut
ini adalah tindakan yang perlu dilakukan setelah terjadi gempa bumi, kecuali
a.
Keluar
dari bangunan dengan tertib
b.
Memeriksa
lingkungan sekitar
c.
Mendengarkan
informasi mengenai kemungkinan terjadinya gempa susulan dari radio
d.
Berlindung
di bawah meja
Jawaban : d
EKONOMI
1.
Mengapa
hukum permintaan tidak berlaku menjelang lebaran
a.
Sudah
menjadi tradisi
b.
Adanya
peningkatan kebutuhan masyarakat
c.
Peningkatan
penawaran
d.
Penghasilan
yang tidak tetap
Jawaban : b
2.
Dampak
sosial yang diakibatkan oleh kenaikan harga menjelang lebaran adalah
a.
Kematian
b.
Mobilitas
sosial
c.
Kriminalitas
d.
Pengangguran
Jawaban : c
3.
Cara
meminimalisir budaya konsumtif masyarakat menjelang lebaran adalah
a.
Menyediakan
makanan dan membeli peralatan lebaran seperlunya saja
b.
Menggadaikan
perhiasan untuk keperluan lebaran
c.
Menabung
d.
Merayakan
lebaran sesuai tradisi konsumtif
Jawaban : a
4.
Tindakan
yang dilakukanuntuk menstabilkan harga barang menjelang lebaran adalah
a.
Mengurangi
budaya konsumtif, meningkatkan keuntungan, memperbanyak stok
b.
Memperbanyak
stok, meningkatkan keuntungan, meningkatkan konsumtif
c.
Pasar
murah, meningkatkan keuntungan, meningkatkan budaya konsumtif
d.
Pasar
murah, memperbanyak stok, mengurangi budaya konsumtif masyarakat
Jawaban : d
5.
Harga
barang menjelang lebaran naik karena
a.
Stok
barang bertambah dan banyaknya permintaan
b.
Kelangkaan barang dan banyaknya
permintaan
c.
Produsen
mencari keuntungan yang sedikit
d.
Hukum
ekonomi tidak berlaku
Jawaban : b
LINGKUNGAN
HIDUP
1.
Mengapa
masyarakat di pedesaan yang notabene memiliki penghasilan tidak munkin
mencukupi kebutuhan sehari-hari mampu untuk terus hidup, terpenuhi kebutuhannya
dan mengembangkan kehidupannya
a.
Masyarakat
memiliki jiwa yang mandiri untuk berwirausaha
b.
Masyarakat
memiliki kehidupan sosial yang baik
c.
Masyarakat
melakukan transmigrasi atau urbanisasi
d.
Masyarakat
mencari alternatif bekerja di luar bumi
Jawaban : b
2.
Apa
saja unsur dalam lingkungan hidup
a.
Fisik,
biotis, sosekbudkesmas (sosial, ekonomi, budaya, dan kesehatan masyarakat)
b.
Satwa
dan manusia
c.
Sosial,
ekonomi dan budaya
d.
Kondisi
lingkungan alam
Jawaban : a
3.
Bagaimana
cara masyarakat melestarikan adanya lingkungan
a.
Melakukan
penebangan pohon sebagai proses pruduksi
b.
Memaksimalkan
kendaraan bermotor sebagai alat transportasi
c.
Membuang
limbah pabrik ke sungai
d.
Melakukan
reboisasi, pembuangan sampah dan limbah pada tempatnya
Jawaban : d
4.
Pengelolaan
lingkungan hidup adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkunganhidup
seperti di bawah ini, kecuali
a.
Penataan
b.
Pemanfaatan
c.
Pengembangan
d.
Pengurangan
Jawaban : d
5.
Bagaimana
cara memanfaatkan lingkungan hidup sebagai mata pencaharian
a.
Membiarkan
lahan kosong
b.
Mengelola
hasil bumi pertanian sebagai produk industry
c.
Mendirikan
bangunan-bangunan di tempat yang bias menyerap air
d.
Mengubah
fungsi dari hutan sebagai tempat tinggal (pemukiman)
Jawaban : b
GLOBALISASI
1.
Salah
satu tanda adanya globalisasi kebudayaan di Indonesia adalah
a.
Sopan
santun masih dijunjung tinggi
b.
Cara
berpakaian mengikuti trend yang ada
c.
Rasa
toleransi tinggi
d.
Rasa
religious tinggi
Jawaban : b
2.
Gaya
hidup yang timbul akibat pengaruh globalisasi adalah
a.
Konsumerisme
b.
Naturalisme
c.
Nasionalisme
d.
Patrotisme
Jawaban : a
3.
Mengapa
masyarakat Indonesia meniru gaya hidup orang-orang barat
a.
Negara
barat dipandang memiliki perkembangan IPTEK yang tinggi
b.
Negara
barat mempunyai gaya hidup yang lebih baik
c.
Orang-orang
barat menggunakan produk-produk yang terkenal
d.
Bangsa
barat pernah menjajah Indonesia sehingga dianggap lebih baik
Jawaban : c
4.
Apa
yang dapat kita lakukan untuk mencegah dampak negatif globalisasi terhadap
kebudayaan kita
a.
Kita
harus selektif terhadap kebudayaan yang masuk
b.
Mengikuti
trend yang ada
c.
Bangga
dengan kebudayaan asing
d.
Mengomentari
kebudayaan asing yang masuk
Jawaban : a
5.
Faktor-faktor
berikut yang melatarbelakangi timbulnya globalisasi, kecuali
a.
Negara
ingin lebih maju dan berkembang
b.
Ketidakmampuan
suatu Negara memenuhi kebutuhan
c.
Letak
suatu Negara yang berdekatan
d.
Dua
Negara menghasilkan produk yang sama persis
Jawaban : d
PENDIDIKAN
1.
Di
antara tindakan-tindakan di bawah ini manakah tindakan yang paling relevan
sebagai bentuk sarana dan prasarana pendidikan
a.
Hukuman,
alat-alat peraga, dan ancaman
b.
Buku,
alat tulis, dan TI
c.
Kata-kata
pujian, dorongan dan motivasi, serta teguran
d.
Sarana
kebendaan dan tindakan
Jawaban : c
2.
Manakah
pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi
keberhasilan pendidikan
a.
Kurikulum
tidak mempengaruhi keberhasilan pendidikan
b.
Kurikulum
mempengaruhi keberhasilan pendidikan
c.
Guru,
siswa, sarana dan prasarana
d.
Lingkungan
pendidikan
Jawaban : a
3.
Tujuan
pendidikan nasional telah tercantum dalam
a.
UU
No 30 Tahun 2003 pasal 1
b.
UU
No 20 Tahun 2003 pasal 3
c.
UU
No 14 Tahun 2005 pasal 2
d.
UU
No 20 Tahun 2003 pasal 39
Jawaban :b
4.
Salah
satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan pendidikan adalah guru yang
berkompeten. Guru seperti apakah yang dapat dikatakan sebagai guru yang
berkompeten
a.
Guru
yang berkualifikasi sarjana pendidikan
b.
Guru
yang mampu menguasai seluruh materi
c.
Guru
yang menempuh pendidikan profesi
d.
Guru
yang berkualifikasi akademik yang sesuai dan dapat menguasai materi
pembelajaran, penyampaian kepada siswa dan kreatif
Jawaban : d
5.
Apakah
yang dimaksud dengan sarana dan prasarana pendidikan
a.
Segala
sesuatu yang dapat memberikan kemudahan belajar
b.
Benda-benda
yang digunaka dalam belajar
c.
Alat
pendukung terlaksananya pendidikan disekolah
d.
Fasilitas
yang dapat meningkatkan kepandaian siswa
Jawaban : a
KEBUDAYAAN
1.
Di
bawah ini yang bukan merupakan unsur-unsur kebudayaan menurut Koentjaraningrat
adalah
a.
Peralatan
dan perlengkapan hidup
b.
Kesenian
c.
Tradisi
d.
Bahasa
Jawaban : c
2.
Menurut
bahasa budaya dikenal dengan istilah “culture” yang merupakan istilah dari
bahasa
a.
Inggris
b.
Latin
c.
Sansekerta
d.
Belanda
Jawaban : a
3.
Sifat
budaya adalah
a.
Statis
b.
Dinamis
c.
Stabil
d.
Konsisten
Jawaban : b
4.
Perpaduan
dua budaya atau lebih di mana unsur kebudayaan itu bertemu dan dapat hidup
berdampingan serta saling mengisi dan tidak menghilangkan unsur-unsur asli
dalam kebudayaan tersebut disebut
a.
Asimilasi
b.
Enkulturasi
c.
Globalisasi
d.
Akulturasi
Jawaban : d
5.
Di
bawah ini merupakan budaya bangsa Indonesia yang diklaim oleh bangsa lain,
kecuali
a.
Tari
pendet
b.
Angklung
c.
Batik
d.
Candi
Borobudur
Jawaban : d
SOSIOLOGI
1.
Penyebab
para generasi muda sekarang buta terhadap norma masyarakat karena
a.
Pola
kehidupan masyarakat tertentu kadang tanpa disadari ternyata menyimpang dari
nilai dan norma sosial
b.
Adanya
globalisasi, modernisasi dan westernisasi
c.
Kurangnya
sosialisasi mengenai norma-norma kepada generasi muda
d.
Generasi
muda cenderung menganggap norma sebagai hal yang kuno
Jawaban : d
2.
Aspek
pendidikan formal dan sekolah menjadi faktor penting untuk memecahkan
permasalahan generasi muda karena
a.
Di
sekolah diajarkan kedisiplinan, kesopanan dan moral
b.
Di
sekolah terdapat peraturan-peraturan yang bersifat wajib ditaati
c.
Melatih
integritas moral remaja menuju terbentuknya pribadi yang memiliki ketahanan
pribadidan sosial
d.
Sekolah
mengajarkan bagaimana kita harus bersikap sopan dan santun dalam kehidupan
sehari-hari
Jawaban : c
3.
Sebagian
besar generasi muda lebih merasa nyaman bersama teman-temannya daripada
keluarganya, hal tersebut disebabkan karena
a.
Teman-teman
dianggap lebih gaul dari keluarga
b.
Kurangnya
perhatian orangtua atau peran keluarga yang kurang maksimal
c.
Keluarga
terlalu mengekang anak dalam pergaulan
d.
Dalam
persahabatan anak merasa menemukan jati dirinya
Jawaban : b
4.
Peran
orangtua dan sanak keluarga terhadap generasi muda adalah
a.
Memberikan
kasih sayang dan memanjakan
b.
Memenuhi
segala kebutuhan anak-anaknya
c.
Mengekang
anak agar tidak berbuat semaunya sendiri
d.
Mendidik,
membimbing, mengawasi dan memberi perhatian
Jawaban : d
5.
Kegagalan
mencapai identitas peran dan lemahnya control diri bisa dicegah atau diatasi
dengan
a.
Prinsip
kedisiplinan
b.
Prinsip
keteladanan
c.
Prinsip
kebersamaan
d.
Prinsip
keprihatinan
Jawaban : b
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Mari belajar bersama. Tolong berikan komentarmu ya ^_^